6 cara supaya tanaman cabe berbuah lebat

Jika Anda ingin mendapatkan hasil tanaman cabe yang lebih baik, tidak ada salahnya untuk mencoba metode yang tepat. Mulai dari memilih media tanam ,memilih bibit yang sesuai hingga pemupukan, ikuti 6 cara mudah ini untuk meningkatkan produksi buah dengan drastis.

CARA SUPAYA TANAMAN CABE BERBUAH LEBAT

Pastikan jenis tanaman cabe yang tepat

Pilih tanaman yang sesuai dengan iklim dan kondisi di daerah anda.Setiap varietas memiliki karakteristik sendiri sendiri.perbedaan varietas Tanaman cabe akan memiliki kebutuhan nutrisi, persyaratan sinar matahari, dan metode perawatan yang berbeda juga. maka dari itu,Carilah varietas yang toleran terhadap lingkungan

mempunyai tanaman yang sehat dan berbuah lebat,merupakan dambaan semua pecinta tanaman,khususnya para petani cabe,karena sudah pasti Produksi cabe akan meningkat jika tanaman berbuah lebat.
satu-satunya cara untuk meningkatkan pendapatan petani cabai dengan jumlah populasi yang terbatas adalah dengan mencari cara supaya tanaman cabe bisa berbuah lebat.
jika tanaman cabe bisa berbuah lebat, maka secara otomatis hasil panen tanaman cabai juga akan meningkat. dan pundi-pundi rupiah juga akan semakin berkembang. Lantas, bagaimana caranya agar tanaman cabai berbuah lebat.???? simak caranya berikut ini


1.kurangi unsur N (nitrogen)

setelah usia cabe memasuki 40 HST penggunaan pupuk dgn unsur ini sebaiknya dikurangi

2.perbanyak unsur phospor dan K(kalium)

Fungsi dari unsur Fosfor pada tanaman yaitu:untuk pembentukan bunga dan buah, bahan pembentuk inti sel dan dinding sel, mendorong Pertumbuhan akar muda dan pemasakan biji pembentukan klorofil, penting untuk enzim-enzim pernapasan, pembentukan klorofil, penting dalam cadangan dan transfer energi (ADP+ATP)  komponen asam nukleat (DNA dan RNA), (7>) berfungsi untuk pengangkutan energi hasil metabolisme dalam tanaman.

Kalium juga merupakan komponen penting di dalam mekanisme pengaturan osmotik di dalam sel dan juga berpengaruh langsung terhadap tingkat semipermiabilitas membran dan fosforilasi di dalam khloroplast.

Ahli yang lain juga menyebutkan bahwa peranan unsur K bagi tanaman sangat penting dalam setiap proses melabolisme dalam tanaman yaitu dalam sintesis dari asam amino dan protein dari ion-ion amonium, dalam proses fotosintesis, sebab apabila terjadi kekurangan kalium dalam daun, maka kecepatan asimilasi karbondioksida (CO akan turun. Jadi K membantu pembentukan protein dan karbohidrat, mengeraskan jerami dan bagian kayu dari tanaman, meningkatkan resistensi terhadap penyakit dan kualitas buah-buahan.

3.gunakan pupuk dan pestisida organik

untuk membuat tanaman cabe anda berbuah lebat-selebatlebatnya,saya sangat menganjurkan, sebisa mungkin untuk memperlakukan tanah dan tanaman anda dengan cara organic, caranya juga tidak terlalu rumit,

dengan menggunakan pupuk kompos maka tanah dan tanaman anda akan tumbuh dengan baik,

selain itu untuk mendapatkan pupuk kompos berkualitas juga paling mudah, bahkan dengan limbah rumah tangga pun anda sudah bisa menciptakan pupuk kompos berkualitas tinggi.

disamping itu penggunaan bahan kimia untuk memperbaiki unsur hara tanah juga kurang bagus untuk kesehatan, demikian juga halnya dengan penggunaan pestisida kimia, juga sama buruknya untuk kesehatan sayuran.

4. kurangi penggunaan pestisida kimia

Pestisida kimia sebenarnya tidak Membasmi serangga hama, karena sesungguhnya pestisida kimia hanyalah menciptakan bentuk pertahanan baru bagi hama serangga, bahkan pestisida kimia juga mempercepat terjadinya pembuahan pada telur hama serangga , anda bisa membuat pestisida nabati dengan cara yang sangat sederhana dan mudah,bahan-bahannya juga cukup tersedia disekitar lingkungan anda, tidak ada salahnya jika anda mencoba membuat pestisida alami dari bawang putih,Tempurung kelapa (Bathok) dan sebagainya.

Dengan memanfaatkan daun-daun tanaman yang biasanya banyak tumbuh disekitar lingkungan anda, anda juga bisa membuat pestisida nabati yang ampuh dan ramah terhadap lingkungan, pestisida nabati khusus untuk membasmi serangga penghisap, jenis kutu-kutuan, dan hama tanaman cabe lainnya.

 5.Penyiangan tanaman cabe

"Nah disinilah letak rahasianya, pada tanaman cabe sangat perlu sekali dilakukan penyiangan, namun penyiangan disini maksudnya tidak membasmi gulma secara keseluruhan, karna gulma juga berperan besar dalam metode pengendalian hama secara hayati panyiangan yang paling utama diperhatikan adalah pada perakaran dan batang cabe, gulma yang tumbuh dekat perakaran cabe perlu di cabut juga, kemudian perhatikan daun-daun yang sudah kering dan mati pada bagian pangkal batang

6.perempelan tunas

Memotong cabang-cabang tanaman yang layu dan mati, Memangkas dan membersihkan tanaman cabe dari daun-daun yang sudah kering atau daun mati yang biasanya ada pada pangkal batang Memangkas tunas-tunas susulan. Mungkin ada rasa 'eman' atau sayang, tetapi perlu ditegaskan lagi bahwa fokus tujuan kita menanam cabe bukan untuk sekedar melihat rimbunnya daun/suburnya tanaman tetapi mendapatkan buah yang lebat

jika terdapat daun-daun yang sudah mati dan juga tunas yang tidak penting sebaiknya dipangkas saja,

hal ini karena yang kita fokuskan pada tanaman cabe adalah rimbunnya buah,bukan rimbunnya daun maka dari itu pemangkasan atau perempelan tunas menjadi sangat penting untuk dilakukan".


Itulah tadi 6 cara supaya tanaman cabe berbuah lebat...semoga bermanfaat bagi para pembaca semua

0 Komentar