Tekhnik Perempelan pada tanaman cabe

Teknik perempelan merupakan suatu teknik pemotongan tunas aksiler yang terletak di bagian ketiak daun. Tunas aksiler sendiri adalah tunas samping pada tanaman cabai. Tujuan dari perempelan sendiri adalah untuk mempercepat proses pembuahan dengan melalui proses fertilisasi yang di sebabkan oleh pemotongan tunas samping pada tanaman cabai. Proses fertilisasi adalah proses perangsangan bunga cabai sehingga pertumbuhan bunga cabai pun akan lebih cepat. Dengan begitu tanaman cabai akan cepat berbuah dan juga bisa di panen lebih cepat dari biasanya. Teknik perempalan ini banyak di lakukan oleh petani di indonesia karena di samping dapatmempercepat proses pembuahan tanaman cabaijuga terbukti menghasilkan buah yang lebat.
 Jika anda seoarang petani atau pebisnis yang sedang bergelut di budidaya cabai mungkin kami sarankan untuk melakukan teknik ini. di samping membutuhkan waktu penanaman yang lebih cepat, Hasil penen akan meningkan sekitar 20% di banding tidak menggunakan teknik perempalan.
Untuk mempraktekan teknik perempalan ini mungkin anda harus tau beberapa hal bahwa teknik perempalan yang di gunakan untuk tanaman cabai yang di tanaman di tanah dataran tinggi sedikit berbeda dengan tenaman cabai yang di tanam di dataran rendah. Walaupun pada dasarnya teknik perempalan untuk semua jensi cabai itu sama mulai dari cabai merah, cabai hijau, cabai rawit dan lain-lain.

  • jika didataran tinggi,perempelan sebaiknya dilakukan ketika tanaman cabe berusia 30HST.
  • jika didataran rendah,perempelan Sebaiknya dilakukan ketika cabe berusia 21HST.
Umumnya pada tanaman cabai ada 1-5 tunas aksiler itu, tetapi untuk lakukan perempelan/pemotongan tunas bisa memotong 2-3 tunas aksiler, serta sisakan saja 3 cabang paling utama yang konsentrasi akan jadikan batang produktif untuk selalu tumbuh serta membuahkan bunga dan buah
Dengan lakukan perempelan sesuai sama langkah di link yang saya berikanlah itu, jadi anda akan di pastikan memperoleh tanaman cabai produktif bahkan juga bisa membuahkan buah yang banyak, dan lebih untungkan