Stimulus Tiongkok Membatasi Kenaikan XAUUSD

Perkiraan harga emas hari ini (XAU/USD)

Harga emas sempat mendapatkan kembali daya tarik yang positif pada awal perdagangan hari ini, Senin 20 November 2023 di tengah ekspektasi bahwa suku bunga AS telah mencapai puncaknya. Ini menyebabkan penurunan imbal hasil obligasi AS dan dolar AS baru-baru ini dan mendukung kenaikan XAUUSD.

Analisa pasar

Sementara harapan pasar terhadap akan adanya lebih banyak stimulus dari Tiongkok meningkatkan kepercayaan diri para pelaku pasar dan membatasi kenaikan logam mulia ini. XAUUSD menarik beberapa aksi beli dan sempat diperdagangkan di sekitar area 1980 di awal perdagangan minggu ini, meskipun tidak ada tindak lanjut dan bullion masih tertahan di bawah level tertinggi dua minggu yang dicapai pada Jumat akhir pekan kemarin.

Analisa Fundamental

Optimisme terbaru atas langkah-langkah stimulus tambahan dari China meningkatkan kepercayaan diri bagi para investor, Namun, hal itu justru bisa menjadi faktor yang membatasi kenaikan safe-haven logam mulia saat memasuki perdagangan sesi Eropa. 

Meskipun demikian, penurunan XAUUSD masih tertahan oleh proyeksi para pelaku pasar yang sangat yakin bahwa Federal Reserve (Fed) akan menyematkan pesan dovish dalam pembacaan risalah pertemuan FOMC pada awal bulan ini. 

Investor saat ini tampaknya yakin bahwa bank sentral AS akan mempertahankan status quo pada pertemuan Desember 2023. Selain itu, para pelaku pasar juga saat ini mulai mengantisipasi bahwa The Fed dapat mulai memangkas suku bunga paling cepat pada Maret 2024. Hal ini, pada gilirannya, menyeret dolar AS ke level terendah sejak 31 Agustus. Selain itu, prospek ekonomi global yang memburuk, bersama dengan risiko geopolitik, juga masih menjadi faktor lain yang mempertahankan status emas sebagai aset Safe-Haven. 

Sementara itu, para pelaku pasar mungkin akan menahan diri untuk masuk ke pasar secara agresif dan lebih memilih untuk berhati-hati menjelang risalah pertemuan the Fed, yang akan dirilis pada hari Selasa. Risalah tersebut akan menjadi fokus pasar untuk mendapatkan petunjuk baru mengenai arah kebijakan suku bunga ke depannya dan pandangan para pembuat kebijakan mengenai apakah Bank Sentral AS itu akan kembali menaikkan suku bunga tahun ini atau tidak. 

Sentimen ini akan memainkan peran penting dalam mempengaruhi dinamika dolar AS dan memengaruhi pergerakan XAUUSD yang tidak memberikan imbal hasil.

Analisa Teknikal XAUUSD

Secara teknikal, XAUUSD masih dalam tren Bullish, meski terjadi koreksi dalam reli di pekan lalu yang kemungkinan akan berlanjut di perdagangan awal pekan ini. pada timeframe H1, harga saat ini telah menembus ke bawah lintasan Simple Moving Average (SMA)50 dan bergerak di sekitar level 1975. 

Perkiraan harga emas hari ini (XAU/USD)

Potensi berlanjutnya XAUUSD terlihat pada indikator Relative Strength Index yang menjauhi turun ke bawah menuju level Oversold. Penurunan lebih lanjut menembus level Resistance garis pivot di level 1974 dapat menjadi indikasi berlanjutnya penurunan XAUUSD. Dalam kondisi ini, potensi SELL dapat dipertimbangkan pada level 1973 dengan target profit pada level 1969/1966. Jika XAUUSD cukup kuat untuk membalikkan penurunan saat ini, potensi BUY dapat dipertimbangkan pada level 1984, namun jika berhasil menembus dan bertahan di atas level 1980, dengan target profit pada level 1989/1991.


  TRADING SEKARANG

0 Komentar