Optimasi SEO dengan Search Konsol dan Bing Webmaster

Memaksimalkan SEO dengan Search Konsol dan Bing Webmaster

Jika Anda ingin menguasai SEO dan menggunakan Search Konsol serta Bing Webmaster, panduan ini akan menjadi sumber daya yang sempurna untuk Anda. Dalam panduan ini, Anda akan menemukan langkah-langkah praktis dan tips ahli untuk meningkatkan visibilitas situs Anda dan memaksimalkan penggunaan Search Konsol dan Bing Webmaster. Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat mengoptimalkan situs Anda dan meningkatkan peringkat pencarian Anda.

Mengenal Search Konsol dan Bing Webmaster.

Sebelum Optimasi SEO dengan menggunakan Search Konsol dan Bing Webmaster, penting untuk memahami apa itu search konsol dan apa itu bing Webmaster serta fungsi dari kedua platform tersebut. 

Search Konsol adalah alat yang disediakan oleh Google untuk membantu pemilik situs web memahami bagaimana situs mereka ditampilkan dalam hasil pencarian, melihat berapa jumlah link yang mengarah ke sebuah situs , kata kunci yang paling sering digunakan untuk menemukan situs , dan banyak lagi fitur yang disediakan oleh google search konsol. untuk fitur lengkap dan cara menggunakannya,silahkan baca panduan tentang Fungsi dan cara menggunakan Google Search Console

Sedangkan Bing Webmaster adalah alat serupa yang disediakan oleh Bing, mesin pencari yang disediakan oleh Microsoft. Dengan menggunakan Bing Webmaster, Anda dapat memantau kinerja situs Anda di Bing, melacak lalu lintas organik, dan menerima saran untuk meningkatkan peringkat pencarian Anda. 

Dengan memahami kedua platform ini, Anda akan dapat menggunakan Search Konsol dan Bing Webmaster dengan lebih efektif untuk meningkatkan visibilitas situs dan mengoptimalkan peringkat pencarian pada mesin penelusuran.

Memverifikasi situs di Search Konsol dan Bing Webmaster.

Langkah pertama untuk memaksimalkan SEO dengan menggunakan Search Konsol dan Bing Webmaster adalah memverifikasi situs pada kedua platform tersebut. Verifikasi situs akan memberikan akses penuh ke semua fitur dan data yang disediakan oleh Search Konsol dan Bing Webmaster. 

Untuk memverifikasi situs di Search Konsol, Anda perlu menambahkan kode verifikasi ke situs Anda atau mengunggah file HTML verifikasi ke server situs .silahkan baca panduan lengkap tentang Cara verifikasi situs pada google search console. Setelah proses verifikasi berhasil, Anda dapat mengakses semua fitur dan data yang disediakan oleh Search Konsol. 

Sedangkan untuk memverifikasi situs pada Bing Webmaster, Anda perlu menambahkan tag meta verifikasi ke situs Anda atau mengunggah file XML verifikasi ke server situs. Setelah itu, Anda akan dapat melihat semua data dan saran yang disediakan oleh Bing Webmaster. 

Memverifikasi situs pada kedua platform ini akan memastikan bahwa Anda dapat mengoptimalkan situs dengan cara yang paling efektif dan mendapatkan manfaat penuh dari fitur-fitur yang disediakan oleh Search Konsol dan Bing Webmaster.

Submit URL pada Search Console dan Bing Webmaster

Untuk submit URL ke Search Console dan Bing Webmaster, ikuti langkah-langkah berikut:

Submit URL ke Search Console:

  • Buka Search Console (sebelumnya dikenal sebagai Google Webmaster Tools) di https://search.google.com/search-console. 
  • Jika Anda belum memiliki akun, buat akun dan tambahkan situs web Anda ke Search Console. 
  • Setelah menambahkan situs web, pilih situs web yang ingin Anda submit URL-nya. 
  • Pada panel kiri, klik "Cakupan" dan pilih "URL Inspection". 
  • Masukkan URL yang ingin Anda submit pada kotak pencarian. 
  • Klik tombol "Periksa URL". 
  • Setelah URL diperiksa, klik tombol "Minta pengindeksan". Pilih "Versi yang Diperiksa" atau "URL yang Diketahui". 
  • Klik "Kirim Permintaan".

Submit URL ke Bing Webmaster:

  • Buka Bing Webmaster di https://www.bing.com/webmasters. 
  • Jika Anda belum memiliki akun, buat akun dan tambahkan situs web Anda ke Bing Webmaster. 
  • Setelah menambahkan situs web, pilih situs web yang ingin Anda submit URL-nya. 
  • Di menu sebelah kiri, klik "Crawl" dan pilih "Fetch as Bingbot". 
  • Masukkan URL yang ingin Anda submit pada kotak pencarian lalu Klik tombol "Fetch". 
  • Setelah URL di-fetch, pilih "URL yang Difetch" dan klik tombol "Submit to Index". 
  • Pilih opsi "Crawl only this URL" atau "Crawl this URL and its direct links". 
  • Klik tombol "Submit". 
Dalam kedua kasus ini, pastikan URL yang Anda submit sudah benar dan valid. Search Console dan Bing Webmaster akan segera memproses permintaan Anda dan mengindeks URL tersebut. Proses pengindeksan mungkin memerlukan waktu dan tidak menjamin bahwa URL Anda akan segera muncul dalam hasil pencarian.

0 Komentar