Analisa Pergerakan EURCAD Minggu ini

Instrumen EURCAD Minggu Ini (3-7 Juni)

Pasangan EURCAD mewakili nilai tukar antara Euro dan Dolar Kanada.Mata uang ini merupakan ukuran penting dari kesehatan ekonomi relatif Zona Euro dan Kanada. Nilai Euro terutama dipengaruhi oleh kegiatan ekonomi dan kebijakan moneter di Zona Euro, termasuk stabilitas fiskal dan tingkat pertumbuhan ekonomi negara-negara anggota seperti Jerman dan Perancis. 

Pada saat yang sama, Dolar Kanada sangat dipengaruhi oleh fluktuasi harga komoditas, terutama minyak, dan kebijakan ekonomi dalam negeri.

Analisa Fundamental

Keputusan suku bunga Kanada,

5 Juni, 15:45 (GMT+2) 
Jika perkiraan bahwa suku bunga Kanada tetap stabil di 5,00% terbukti,maka hal ini dapat memperkuat Dolar Kanada karena mencerminkan kepercayaan terhadap stabilitas dan pertumbuhan. Skenario seperti ini menunjukkan penurunan nilai EURCAD. 

Namun sebaliknya, jika regulator tiba-tiba menurunkan suku bunga. maka hal ini akan mengindikasikan potensi perlambatan atau kekhawatiran ekonomi dan kemungkinan akan melemahkan Dolar Kanada terhadap Euro, sehingga menyebabkan nilai EURCAD naik.

Keputusan suku bunga Zona Euro,

6 Juni, 14:15 (GMT+2) 
Jika antisipasi penurunan suku bunga Zona Euro dari 4,50% menjadi 4,25% terkonfirmasi, maka hal ini dapat melemahkan Euro karena penurunan suku bunga dapat mengurangi daya tarik mata uang tersebut bagi investor yang mencari imbal hasil. Hal ini kemungkinan akan menekan nilai EURCAD.

Begitu juga Sebaliknya, jika tingkat suku bunga tetap stabil atau meningkat berlawanan dengan ekspektasi, hal ini akan menandakan prospek perekonomian yang lebih kuat atau meningkatnya kekhawatiran terhadap inflasi. Dalam hal ini, Euro bisa menguat, berpotensi menaikkan nilai EURCAD.

Konferensi pers Bank Sentral Eropa

6 Juni, 14:45 (GMT+2) 
Nada dovish pada konferensi pers ini, yang mengkonfirmasi penurunan suku bunga dan menyatakan kekhawatiran terhadap prospek ekonomi, kemungkinan akan menekan Euro terhadap dolar Kanada. Di sisi lain, nada hawkish dari ECB, yang menunjukkan kesehatan ekonomi yang kuat atau pengurangan risiko keuangan, dapat meningkatkan nilai Euro, yang menyebabkan peningkatan nilai tukar EURCAD.

Analisa Tekhnikal

Dalam jangka waktu harian, EURCAD telah membentuk inverse head and shoulder dalam tren naik jangka panjang. Harga telah mencapai resistensi penting di Fibonacci 23,6, dan meskipun ada sentimen bullish, ada dua kemungkinan skenario yang harus dipertimbangkan. 
  • Jika bulls mendorong EURCAD ke atas resistance di 1.4840, kita bisa mengharapkan kenaikan ke 1.4940; 
  • Namun, jika harga memantul dari resistance, harga bisa turun ke 1.4700, setara dengan Fibonacci 38.2.

Analisa EURCAD Minggu ini

TRADING SEKARANG

0 Komentar