EURUSD Melemah Imbas Konflik Militer Di Timur Tengah

Analisa Eur/Usd Hari ini

Pasangan mata uang EURUSD masih berjuang keras melanjutkan kenaikan tren yang dimulai sejak hari Rabu pada minggu kemarin ,pada hari Senin (09/10/2023) grafik mata uang ini diperdagangkan relatif flat. EURUSD sempat diperdagangkan di sekitar level 1.0570 di tengah fokus pasar pada eskalasi konflik militer yang kembali muncul di Timur Tengah yang melibatkan Palestina dan Israel yang berpotensi menyebabkan ketidakpastian geopolitik dan dapat memengaruhi pasar global. 

Eskalasi konflik Timur Tengah berpotensi mendorong aliran investor ke aset-aset yang lebih aman seperti Surat Utang AS (obligasi), Emas, dan Franc Swiss (CHF), yang juga dapat berdampak pada kenaikan EURUSD. Namun indeks dolar AS mencatat pemulihan setelah mencatat penurunan selama tiga hari, diperdagangkan di sekitar level 106.20, yang menguat setelah Rilis data NFP (Nonfarm Payrolls) AS pada hari Jumat kemarin. 

Yield obligasi AS yang rebound atas kemungkinan Federal Reserve (Fed) akan mempertahankan suku bunga tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama menjadi pendorong kenaikan dolar AS. Yield obligasi AS 10 tahun kembali mencapai level tertinggi di 4.80%. Sementara itu, Data Produksi Industri Jerman yang sedikit di bawah ekspektasi pasar, tidak mampu menopang EURUSD untuk melanjutkan kenaikan, meski dirilis di angka -0,2% lebih baik dari data bulan sebelumnya -0,6%.

Analisa Tekhnikal

Secara teknikal, EUR/USD masih berjuang mempertahankan tren kenaikan nya,dan bertahan di atas lintasan Simple Moving Average (SMA)50 pada timeframe H4, yang menjadi indikator tren untuk jangka pendek. Upaya mata uang bersama ini mempertahankan momentum penguatannya juga terlihat pada Relative Strength Index yang berada di atas level tengah 50. 

Sementara pada timeframe H1 EURUSD berada di atas SMA200, 50 dan 100. Jika SMA 50 menembus ke atas lintasan SMA200 dengan pergerakan melanjutkan kenaikan, pasangan EURUSD ini berpotensi melanjutkan kenaikan setidaknya hingga ke level 1.0590. Potensi BUY EURUSD dapat dipertimbangkan di level 1.0555 jika harga lanjutkan kenaikan dan menembus level 1.0550, dengan target profit di level 1.0565/1.0573. 

namun Sebaliknya, jika EURUSD tidak mampu untuk melanjutkan kenaikannya, peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 1.0535 dengan target profit di level 1.0529/1.0524.