Mendaftarkan Situs ke Google Search Console

Untuk mendaftarkan situs web ke Google Search Console, ikuti langkah-langkah berikut: 

  • Buka Google Search Console di browser Anda: https://search.google.com/search-console 
Jika Anda belum masuk ke akun Google, masuklah dengan menggunakan akun Google yang ingin Anda gunakan untuk mengelola situs web Anda. 
  • Setelah masuk, klik tombol "Tambah Properti" atau "Add Property" di sudut kanan atas halaman. 
  • Pilih jenis properti yang ingin Anda daftarkan. 
Pilihan umum adalah "Domain" atau "URL Prefix" (awalan URL). Jika Anda memilih "Domain", Anda perlu memverifikasi situs web di tingkat domain. Jika Anda memilih "URL Prefix", Anda perlu memverifikasi setiap versi dari situs web Anda (misalnya, http:// dan https://). 
  • Masukkan alamat domain atau URL awalan situs web Anda. Klik tombol "Continue" atau "Lanjutkan". 
  • Verifikasi kepemilikan situs web Anda. 
Ada beberapa metode verifikasi yang tersedia, termasuk: Memasukkan tag HTML ke dalam halaman situs web Anda. Mengunggah file HTML ke server hosting situs web Anda. Melalui pengaturan DNS di penyedia domain Anda. Menggunakan tag Google Analytics. 
  • Pilih metode yang paling sesuai untuk Anda, dan ikuti instruksi yang diberikan untuk verifikasi kepemilikan situs web Anda. 
Setelah situs web Anda diverifikasi, Anda akan diarahkan ke Dashboard Google Search Console. Di sini, Anda akan menemukan berbagai alat dan laporan untuk menganalisis dan mengoptimalkan situs web Anda di Google Search. 

Setelah mendaftarkan situs web Anda, pastikan untuk memperbarui dan mengirimkan peta situs (sitemap) Anda melalui Google Search Console untuk membantu Google mengindeks situs web Anda dengan lebih baik.

0 Komentar