Kenapa Hp Tidak Bisa Nyambung Wifi

Cara Mengatasi Kenapa Hp Tidak Bisa Nyambung Wifi

Masalah koneksi pada jaringan Wi-Fi cukup membuat kita jengkel bahkan frustrasi.Bagaimana tidak??ketika Anda bersiap untuk melakukan streaming acara favorit Anda atau melakukan panggilan Zoom penting, tetapi ponsel Anda tidak dapat terhubung ke Wi-Fi. 
Kenapa Hp Tidak Bisa Nyambung Wifi


Untungnya,Kangtury akan memberikan cara sederhana untuk menyelesaikan masalah ini.

Masalah Kenapa Hp tidak Bisa Nyambung WiFi

Catatan Penulis: Kami menyusun petunjuk ini berdasarkan pengalaman menggunakan ponsel dan Router Tenda F3. Ingat, beberapa langkah ini mungkin berbeda, bergantung pada perangkat Anda dan perangkat lunak yang anda gunakan.

Apakah router Wi-Fi Anda dalam jangkauan?

Jika router Wi-Fi Anda terlalu jauh, kemungkinan besar Anda akan kesulitan menyambungkan ponsel ke jaringan. Dan kalaupun Anda berhasil menyambungkannya, itu mungkin tidak berfungsi dengan maximal.

Gangguan apa pun dapat melemahkan sinyal jaringan.Banyak juga faktor yang dapat memengaruhi kinerja Wi-Fi.terutama jika ada banyak penghalang antara perangkat Anda dan router seperti dinding yang tebal atau bangunan beton. 

Selain itu, tidak semua router dapat menjangkau sejauh itu, atau dapat mentransfer data secepat itu. Periksa spesifikasi router Anda untuk melihat apakah jangkauannya cukup jauh untuk menutupi seluruh rumah Anda. 
Jika menurut Anda inilah masalahnya, satu-satunya solusi adalah mendekatkan perangkat ke router Wi-Fi Anda atau dengan mengganti router untuk meningkatkan kemungkinan dapat menjangkau lebih jauh.
Anda juga dapat memilih sistem Wi-Fi Mesh jika Anda perlu menjangkau area yang luas dengan jaringan Wi-Fi Anda.atau bila perlu Anda bisa menambahkan Router outdoor seperti Tenda O3

Apakah Anda mencapai batas perangkat router Anda?

Apa yang harus dilakukan ketika ponsel tidak terhubung ke Wi-Fi Kebanyakan orang tidak akan mengalami masalah saat menggunakan router Wi-Fi biasa dan hanya digunakan untuk beberapa perangkat.Namun,Performa Wi-Fi Anda akan mulai menurun ketika Anda menambahkan banyak ponsel cerdas, tablet, smart TV, lampu smart, peralatan, dan perangkat lainnya ke rumah Anda.yang perlu di ingat adalah router yang berbeda memiliki batasan perangkat yang berbeda.
Router wifi rumahan biasanya hanya dapat menangani antara 10-15 koneksi simultan. Jaringan Wi-Fi Anda akan mulai menjadi tidak berguna di luar titik itu,dan itu bisa menjadi penyebab mengapa ponsel Android Anda tidak terhubung ke Wi-Fi.
Coba matikan atau putuskan sambungan perangkat lain dengan smartphone yang tidak Anda gunakan. Anda harus mencoba membagi koneksi ke saluran yang berbeda jika Anda memiliki router dengan banyak band.

Jika Anda benar-benar harus memiliki sekumpulan perangkat yang terhubung secara bersamaan, Anda harus meningkatkan ke router yang lebih mumpuni. Ada banyak opsi yang sangat mumpuni seperti Wi-Fi 6 dan Wi-Fi 6E jika Anda menggunakan banyak perangkat yang terhubung. 

Beberapa di antaranya dapat menangani lebih dari 50 koneksi simultan. Anda juga harus melihat ke router game, yang dikenal dengan kinerja yang kuat, dan beberapa di antaranya dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Cara Memperbaiki Kenapa hp Tidak Bisa Nyambung Wifi

Periksa nama router dan kata sandi

Alasan yang mungkin terjadi saat anda mengalami masalah koneksi adalah Anda mencoba menyambung ke jaringan yang salah. Ini kadang-kadang dapat terjadi, terutama jika tetangga Anda memiliki ISP yang sama dan nama jaringan serupa dalam beberapa kasus. Pastikan Anda memeriksa apa nama jaringan Anda dengan melihat bagian belakang atau bawah router Anda. Anda akan melihat stiker kecil berisi info yang diperlukan, asalkan Anda belum mengganti nama unit Anda. 

Jika Anda mengetahui bahwa Anda berada di jaringan yang benar, langkah selanjutnya adalah memeriksa ulang kata sandi. Anda akan menemukan kata sandi umum pada stiker yang sama dengan nama jaringan. Masukkan kembali kata sandi untuk jaringan yang Anda coba sambungkan dan lihat apakah itu menyelesaikan masalah Anda atau tidak.
Ingatlah bahwa Anda mungkin telah mengubah kata sandi setelah penyiapan, dan ini akan peka terhadap huruf besar-kecil.
Jika Anda telah mengubah nama jaringan atau kata sandi, dan tidak mengingatnya, ada cara untuk mengatur ulang pabrik router Anda. Metode ini bervariasi menurut router, jadi coba temukan informasi ini, atau Google cara mengatur ulang pabrik model router Anda.

Restart Ponsel

Jika Anda pernah bertanya-tanya "Mengapa ponsel saya tidak terhubung ke Wi-Fi?" atau "Mengapa ponsel saya terus terputus dari Wi-Fi?" Anda mungkin perlu me-restart perangkat Anda. Melakukannya dapat memperbaiki banyak masalah, dan sebaiknya coba langkah ini terlebih dahulu. Jika Anda tidak yakin cara menghidupkan ulang ponsel, menahan tombol daya selama beberapa detik biasanya berfungsi. Berikan perangkat Anda 30 detik untuk mematikan sebelum menyalakannya kembali.

Perbarui ponsel Anda

Meskipun versi perangkat lunak bukan masalah umum dengan koneksi data atau Wi-Fi,namun cara ini dapat memperbaiki bug sistem yang mungkin ditemui ponsel Anda. Memperbarui perangkat lunak ponsel Anda patut dicoba, dan ini adalah cara yang mudah untuk mengaktifkan dan menjalankan kembali semuanya.

Cara memperbarui ponsel Android Anda:

  • Masuk ke aplikasi Pengaturan. 
  • Ketuk pada Sistem. 
  • Tekan Pembaruan sistem. 
  • Ketuk Periksa pembaruan. 
Ponsel Anda akan memberi tahu Anda jika ada pembaruan yang tersedia. Ikuti petunjuk untuk memperbarui.

Lupakan jaringan,lalu hubungkan kembali

Salah satu fitur ponsel  yang paling nyaman adalah kemampuannya untuk mengingat dan terhubung secara otomatis ke jaringan Wi-Fi yang pernah Anda masuki sebelumnya. Namun terkadang Anda membutuhkannya untuk melupakan jaringan tertentu agar Anda dapat membangun kembali koneksi jaringan

Cara melupakan jaringan Wi-Fi di iphone:

  • Buka Pengaturan dan ketuk Wi-Fi. 
  • Ketuk ikon informasi di sebelah nama jaringan. 
  • Ketuk Lupakan Jaringan Ini. 
Jaringan akan hilang sebentar,dan Saat jaringan muncul kembali, ketuk untuk menyambung kembali.

Cara melupakan jaringan Wi-Fi di hp Android:

  • Buka Pengaturan dan ketuk Koneksi atau Jaringan & Internet. 
  • Ketuk Wi-Fi, 
  • ketuk nama jaringan (atau roda gigi di samping nama jaringan ), lalu 
  • ketuk Lupakan jaringan.
Jaringan akan hilang sebentar,dan Saat jaringan muncul kembali, ketuk dan masukkan kata sandi untuk menyambung kembali.

Reset Pengaturan Jaringan

Jika Anda telah mencoba dua langkah pertama dan hp masih tidak bisa nyambung Wifi, coba setel ulang jaringan untuk menghapus kata sandi Wi-Fi dan jaringan yang tersimpan. 

Jangan khawatir, ini tidak akan menghapus aplikasi, foto, atau kontak apa pun. Ikuti langkah-langkah ini untuk mengatur ulang pengaturan jaringan ponsel Anda:

Cara mengatur ulang pengaturan jaringan di iphone:

  • Buka Pengaturan. 
  • Ketuk Umum, lalu 
  • Atur Ulang. 
  • Ketuk Atur Ulang Pengaturan Jaringan dan masukkan kode sandi Anda. 
  • ketuk Atur Ulang Pengaturan Jaringan lagi.

Cara mengatur ulang pengaturan jaringan di hp Android:

  • Buka Pengaturan, 
  • ketuk Sistem, 
  • Lanjutan, 
  • Atur ulang opsi, lalu 
  • Atur Ulang Wi-Fi, seluler & Bluetooth, 
atau jika Anda menggunakan ponsel Samsung, 
  • ketuk Manajemen Umum, 
  • Atur Ulang, 
  • lalu Atur Ulang Pengaturan Jaringan. 
  • Ketuk Atur Ulang Pengaturan dan masukkan kode sandi atau kata sandi Anda. 
  • Ketuk Atur Ulang Pengaturan, lalu Atur Ulang.

Reset atau Atur ulang Router

Ada kemungkinan router yang harus disalahkan atas masalah koneksi Anda dan bukan smartphone Anda. Ini cukup sering terjadi dan merupakan perbaikan mudah lainnya dalam banyak kasus.
Mem-boot ulang router bisa memperbaiki masalah internet setidaknya 75% dari waktu
Untuk me-restart router,caranya juga sangat mudah.anda hanya perlu mencabut adapter router selama kurang lebih 30 detik dan kemudian pasang kembali. 

jika anda bisa mensetting Router untuk Nembak wifi,maka mereset ulang Router bukanlah pekerjaan yang sulit.

setelah router berhasil melakukan reset,biasanya Jaringan Anda akan hilang dari telepon selama sekitar satu menit.

itulah sedikit ulasan tentang kenapa hp tidak bisa nyambung wifi,Jika langkah-langkah diatas sudah dilakukan dan router Anda tidak kembali online, silahkan hubungi penyedia layanan internet Anda.