Cara Menulis Artikel Menarik yang Akan Disukai Pembaca

Membuat artikel menarik untuk dibagikan di media sosial atau dipublikasikan di sebuah website bisa jadi tugas yang membingungkan bagi pemula. Oleh karena itu, berikut adalah panduan lengkap tentang cara menulis artikel yang menarik mulai dari alur, desain, detail hingga promosi secara efektif.



Tentukan Topik dan Persiapkan Penelitian.

Sebelum mulai menulis, tentukan topik atau niche yang akan Anda tulis. Kemudian, lakukan sedikit riset untuk memastikan bahwa Anda akan berbicara tentang sesuatu yang penting bagi publik. Anda juga dapat melihat bagaimana konten lain dalam niche ini telah dihadirkan dan menemukan cara untuk membuatnya lebih baik. Alih-alih hanya merekonstruksi ide yang dipublikasikan oleh orang lain, ciptakan artikel yang unik dan informatif!

Mulai dengan Topik yang Anda Ketahui.

Terkadang menulis tentang topik yang tidak Anda kuasai bisa membuat proses lebih lama dan menyita energi. Carilah topik yang familiar bagi Anda sehingga dapat menuliskannya dengan mudah dan cepat. Hal ini akan membantu melancarkan alur tulisan. Jika Anda masih ragu, bacalah artikel-artikel terkait blog untuk memberi ide awal dalam proses pembuatan artikel.

Buat Sudut Pandang yang Unik dan Menarik.

Meskipun Anda telah menemukan topik yang sesuai, berikan pemikiran Anda sendiri untuk membuat artikel yang menarik dan unik. Ini bisa didapatkan dari sudut pandang personal atau karena adanya informasi baru yang relevan dengan judul artikel. Memberikan pendapat merepresentasikan standar kepada para pembaca tentang opini Anda (tentu saja harus di dukung oleh fakta-fakta). Dengan begitu artikel Anda tidak akan melakukan hal yang membosankan minimal para pembaca sudah tahu alasan kenapa judul artikel tersebut dipilih

Gunakan Struktur yang Mudah Dipahami.

Saat Anda mulai menulis, jangan takut menggunakan struktur yang mudah dimengerti oleh para pembaca sehingga artikel lebih mudah untuk dibaca. Ini harus tertata dengan sangat rapi dengan diawali pendahuluan yang sedikit mendorong, inti poin utama, subjudul dan informasi yang berhubungan dengan tema utama. Hal ini akan membuat artikel lebih mudah diproses secara mendalam oleh banyak orang