TEKHNIK PEMASANGAN DAN PELUBANGAN MULSA

Yang perlu diperhatikan dalam tekhnik pemasangan dan pelubangan mulsa adalah kondisi tanah,iklim dan cuaca saat kita berencana mulai menanam.apabila kita mulai tanam pada lahan yang kering atau saat musim kemarau,pemasangan mulsa lebih baik agak menurun atau menutupi setengah dari tinggi bedengan,hal ini bertujuan supaya kelembapan tanah tetap terjaga dan tanah tidak mudah kering.dan apabila musim hujan tiba,kita bisa memberi lubang susulan diantara dua tanaman.lubang ini berfungsi sebagai lubang udara sekaligus bisa sebagai tempat pemberian pupuk susulan.
Apabila kita tanam pada tanah yang basah,atau tanam pada saat musim hujan,lebih baik bagian atas bedengan saja yang ditutup mulsa.hal ini bertujuan supaya tanah tidak terlalu lembab dan sirkulasi udara bisa lancar…
Berdasarkan namanya Mulsa Plastik Hitam-Perak atau MPHP terdiri dari dua lapisan, yaitu lapisan berwarna perak dan hitam. Penempatan warna perak adalah di bagian atas dan warna hitam di bagian bawah.
Beberapa keuntungan dari penggunaan plastik mulsa hitam perak AL:

  • Warna perak yang ditempatkan di atas pada mulsa akan memantulkan cahaya matahari sehingga proses fotosintesis menjadi lebih optimal,
  •  kondisi pertanaman tidak terlalu lembab,
  •  mengurangi serangan penyakit, dan mengusir serangga-serangga penggangu tanaman seperti Thirps dan Aphids.
  • Sedangkan warna hitam pada mulsa akan menyerap panas sehingga suhu di perakaran tanaman menjadi lebih hangat. Akibatnya, perkembangan akar akan optimal. Selain itu warna hitam juga mencegah sinar matahari menembus ke dalam tanah sehingga benih-benih gulma tidak akan tumbuh.
di bawah ini adalah cara memasang Mulsa Plastik Hitam-Perak dengan benar.

  1.  . Pemasangan mulsa  sebaiknya dilakukan pada siang hari sewaktu matahari sedang terik pukul 14.00 - 16.00. agar plastik dapat ditarik  secara maksimal.
  2. Alat-alat yang diperlukan untuk pemasangan mulsa plastik adalah pasak bambu berbentuk huruf U, pisau atau gunting untuk memotong mulsa, spidol, dan mulsa plastik hitam-perak. Pemasangan MPHP minimal dilakukan oleh 2 orang.
  3. Tariklah kedua ujung MPHP ke masing-masing ujung bedengan arah memanjang. Kemudian dikuatkan dengan pasak bilah bambu berbentuk "U" yang ditancapkan di setiap sisi bedengan.
  4.  Berikutnya tarik pula lembar MPHP ke bagian sisi kiri dan kanan (lebar) bedengan hingga nampak rata menutup permukaan bedengan.
  5.  Kuatkan masing-masing sisi dengan pasak bilah bambu pada setiap jarak 40 - 50 cm.
PELUBANGAN MULSA
Tekhnik pelubangan mulsa,tidak beda jauh dengan tekhnik pemasangan mulsa,kita juga harus melihat kondisi cuaca saat kita mulai tanam..
  • Apabila tanam pada musim kemarau,pelubangan mulsa lebih baik agak ke tengah,jangan terlalu di pinggir,begitu juga sebaliknya,Apabila tanam di musim hujan,pelubangan mulsa lebih baik dipinggir
  •   sebelum dibuat lubang tanam, lebih baik bedengan dibiarkan tertutup mulsa PHP selama 3–5 hari. Tujuannya agar pupuk kimia yang diberikan dapat berubah menjadi bentuk lebih sederhana atau terurai di tanah, sehingga dapat diserap dengan mudah oleh tanaman.

  • Jarak antar lubang disesuaikan dengan jenis tanaman. Jarak tanam harus disesuaikan dengan kebutuhan tumbuh akar, tinggi tanaman, dan kebutuhan sinar matahari. Untuk tanaman cabai misalnya adalah 60cm x 60 cm jarak tanam.