Program internet gratis kab Temanggung

Fuad: Maju Cepat bersama Internet

Majunya Fuad sebagai calon bupati disertai banyak terobosan cerdas. Salah satu program internet untuk rakyat. Apa dibalik target itu? Berikut perbincangan dengan tokoh Muda yang kian mendapat pengaruh luas sebagai kandidat Bupati Temanggung terkuat 2013 mendatang.

Dalam beberapa diskusi dan pidato acara, Anda menawarkan janji internet untuk rakyat. Bagaimana itu?
Internet itu sudah bagian dari kebutuhan hidup. Janji ini bukan hal yang muluk. Biasa saja dan realistis. Karena komunikasi merupakan kebutuhan dasar manusia. Internet sudah bukan lagi tempat gosip dan sekadar tempat main-main. Ia sarana bisnis, ilmu pengetahuan dan bahkan urusan agama. Perjodohan pun sudah biasa bermula dari internet. Karena situasi itu kita tidak bisa lagi hanya membuat website saja, melainkan harus Maju Cepat dalam internet.

Program konkret Anda?
Mudahkan dan Murahkan akses masyarakat melalui WIFI (Wireless Fidelity) atau jaringan internet tanpa kabel. Sejak dulu biaya pembangunan infrastruktur internet sering dianggap mahal. Itu salah. Kebanyakan jadi mahal dan tidak terurus karena selain dimark-up juga dikelola oleh SDM yang kurang mumpuni. Nah, untuk saat ini sudah banyak yang mampu, dan saya bisa melakukan program pembangunan sarana internet murah di Temanggung. Kami mendapat kehormatan dengan Laboratorium Information Teknologi (IT) Institut Teknologi Bandung untuk kerjasama. Selain canggih, juga bisa murah.


Sasaran target lokasi?
Jelas untuk setiap orang. Terutama anak muda. Paling tidak beberapa kecamatan yang generasi mudanya sudah banyak membutuhkan internet dan dekat dengan dua titik pusat yang kita jadikan sentral internet, yaitu Parakan dan Temanggung akan bisa mudah akses internet WIFI nantinya. Jangkauan akses wifi biasanya 40 meter. Tapi kita bisa membangun tower beberapa tempat dan menyediakan cabangnya sehingga di berbagai tempat bisa terhubung internet. Karena itu nanti kecamatan Parakan, Bulu, Kedu, Temanggung, Kaloran, Kandangan, Jumo, Kranggan, Tembarak, Pringsurat, bisa diberikan akses WIFI. Jika memungkinkan nanti lanjutannya ke kecamatan lain.


Siapa yang akan memanfaatkan?
Dua segmen besar menunggu adanya internet murah, yakni kaum muda, dan ibu rumah tangga. Kaum muda secara umum bisa memiliki tiga kepentingan, 1)Informasi, 2) Ilmu pengetahuan, 3) Bisnis. mereka perlu mendapatkan panduan hidup bersama internet. Jangan sampai generasi kita hanya menjadi konsumen belaka tanpa memanfaatkan nilai lebih internet untuk masa depan hidup mereka. Kita tidak ingin lulusan SMA menganggur. Apalagi sarjana. Mereka harus mendapatkan manfaat yang luar biasa dari internet. Kedua, Ibu rumah-tangga. Ibu-ibu rumah tangga kita kurang mendapatkan kesempatan usaha karena tradisi yang mengungkung, juga karena kesempatan di luar sulit karena urusan domestik mengurus anak. Maka dari itu, internet bisa menjadi sarana toko online dari rumah. Gerakan wirausaha untuk ibu rumah tangga ini tidak muluk-muluk, yakni untuk memajukan kesejahteraan keluarga dengan menambah penghasilan melalui pola domestik. Negara-negara lain sudah berjalan beberapa tahun lalu. 
Kita pun bisa melakukan itu. Tidak sulit asal kampanye gerakan wirausaha internet ini terus didengungkan dan sekaligus diberikan bimbingan berupa pelatihan dan informasi. lagian dalam urusan informasi dan ilmu, internet sudah menyediakan banyak hal. Pemerintah tinggal merangsang gerakan dan memberikan apresiasi positif pada yang sukses untuk menyebarkan pengalamannya. Dengan peranan ibu rumah tangga membuka toko online, niscaya pendapatan ekonomi suami meningkat, maka secara otomatis pula keluarga sejahtera akan lebih cepat ditingkatkan.
Kita harus jeli melihat bahwa sekarang laptop dan gadget internet lebih murah. Perkembang IT hasil perkawinan dengan ponsel juga cepat. Tiap bulan berkembang maju. Laptop layak pakai saja bisa dibeli dengan harga sekitar Rp 2,7juta. Netbook bisa dengan harga Rp 1,5juta. Ini sekarang. Tahun depan pasti lebih murah lagi. Bahkan tablet saja sekarang sudah banyak yang harga Rp 700 ribu. Jangan khawatir mubazir. Kita harus lihat masa depan yang dinamis. Kalau lambat, susah makmur.

Apa esensinya dengan internet?
Utamanya ada tiga. Pertama, Ilmu, kedua, informasi. Supaya masyarakat cepat mendapatkan berita dan akses ilmu pengetahuan. Ini kebutuhan masyarakat modern. Jadi tolong internet jangan dicurigai sebagai sarana pornografi. Kita tidak boleh berpikir sempit. Kita akan ada penyuluhan SDM juga untuk menggunakan internet secara sehat sebagai kegiatan mulia. Ketiga, untuk kemajuan ekonomi, terutama wirausah dan perdagangan.Kita akan adakan pelatihan-pelatian marketing-online. Saya yakin dalam waktu dua tahun berjalan akan pesat meningkat wirausahawan muda yang mandiri dan menghidupkan ekonomi lokal. Untuk urusan ini sebenarnya kita tidak terlalu butuh modal besar, melainkan modal kecerdasan.[Tim Derap: Kelompok Kerja untuk Kebaikan Temanggung]