Masih bingung Cara akses token listrik gratis 3 (tiga bulan )


Pemerintah melalui PT PLN (Persero) memastikan token listrik gratis untuk 11,3 juta pelanggan, khususnya pelanggan daya 450 VA serta diskon 50 persen bagi pelanggan 900 VA subsidi untuk meringankan dampak ekonomi dari virus corona (Covid-19).

Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN I Made Suprateka mengatakan, kebijakan listrik gratis tersebut berlaku selama 3 bulan, terhitung mulai bulan April, Mei, dan Juni 2020.



“Sejak jam 11 siang tadi, seluruh pelanggan prabayar sudah dapat menikmati token gratis yang diberikan pemerintah dan berlaku selama 3 bulan, terhitung mulai bulan April, Mei, dan Juni 2020” tutur Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN I Made Suprateka dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (9/4).

Perhitungan listrik gratis PLN pada pelanggan 450 VA pascabayar yakni rekening listrik gratis (biaya pemakaian dan biaya beban) untuk periode rekening bulan April, Mei, dan Juni 2020. Pada pelanggan 450 VA pra bayar, setiap bulannya diberikan token gratis dengan jumlah kWh sebesar pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian 3 bulan terakhir (Desember 2019 - Februari 2020) untuk periode pembelian token bulan April, Mei, dan Juni 2020.   Untuk perhitungan diskon 50 persen bagi pelanggan listrik 900 VA subsidi. Untuk pelanggan pascabayar, diskon 50 persen langsung dipotong pada tagihan pelanggan yang meliputi biaya pemakaian dan biaya beban untuk periode April-Juni. Sementara untuk prabayar, perhitungan diskon yang diterima pelanggan 900 VA subsidi yakni setiap bulannya diberikan token listrik gratis PLN dengan jumlah kWh sebesar 50 persen dari pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian 3 bulan terakhir (Desember 2019-Februari 2020) untuk periode pembelian bulan April, Mei, dan Juni 2020.

Untuk mendapatkan token gratis ini, PLN memberikan dua cara untuk mendapatkan atau mengklaim token tersebut, yaitu melalui website resmi PLN yaitu www.pln.co.id dan melalui pesan WhatsApp ke nomor 08122-123-123 (listrik gratis PLN).

Adapun mekanisme klaim token listrik gratis melalui website PLN seperti dikutip dari akun twitter resmi PLN, Selasa (10/4/2020), bahwa terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu:

  • Pelanggan dapat mengakses alamat website resmi pln di www.pln.co.id atau layanan.pln.go.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus Covid-19
  • Masukan ID pelanggan atau nomor meteran pada kolom pencarian & identitas pelanggan yang tampil pada layar
  • Token listrik gratis akan tampil pada kolom keterangan
  • Token listrik gratis berhasil didapatkan, pelanggan dapat memasukkan angka tersebut ke kWh meter.

Sementara untuk pelanggan yang ingin mendapatkan kompensasi listrik gratis atau diskon diterima pelanggan dalam bentuk token melalui pesan WhatsApp, caranya yaitu:

  • Hubungi PLN melalu aplikasi chating WhatsApp melalui nomor 08122123123
  • Pelanggan dapat memulai perbincangan dengan mengetik keyword “Token Listrik Gratis”
  • Masukan id pelanggan atau nomor meter sesuai dengan petunjuk yang muncul pada layar
  • Token listrik gratis akan tampil di layar
  • Token listrik gratis berhasil didapatkan, pelanggan dapat memasukkan angka tersebut ke kWh meter.



Jika butuh bantuan,silahkan masukkan pelanggan di kolom komentar atau kirim via  WA ke nomor 085710224440