Cara Menggunakan Google for My Business

Panduan Lengkap Menggunakan Google for My Business

Jika Anda seorang pemilik bisnis yang ingin memaksimalkan usaha Anda,maka memiliki listingan Google Bisnisku sangatlah penting. Panduan komprehensif ini akan memandu Anda melalui proses menyiapkan profil, mengoptimalkannya untuk peringkat pencarian yang lebih baik, dan memanfaatkan semua fitur dan alat yang tersedia untuk membantu bisnis Anda berkembang.

Google For My Business Profile

Google adalah situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia. Situs ini sudah memegang lebih dari 92% pangsa pasar mesin pencari. hal ini Membuat Google Profil Bisnis (sebelumnya dikenal sebagai Google Bisnisku) merupakan cara penting untuk menarik pelanggan baru ke bisnis Anda melalui penelusuran Google dan Maps.

apa itu Google for My Business

Google My Business adalah alat online gratis yang disediakan oleh Google untuk membantu bisnis dalam menciptakan dan mengelola kehadiran mereka secara online di berbagai platform Google, termasuk Google Search dan Google Maps. Google My Business memberikan platform bagi bisnis untuk berbagi informasi penting, seperti alamat, nomor telepon, jam operasional, situs web, dan ulasan pelanggan. 

Dengan membuat profil Google My Business,dapat meningkatkan visibilitas mereka dalam hasil pencarian bisnis lokal dan memudahkan calon pelanggan untuk menemukannya. Ketika pengguna mencari jenis bisnis tertentu atau bisnis di dekat lokasi mereka, Google akan menampilkan hasil yang relevan dengan peta dan daftar bisnis di area tersebut. Hasil tersebut sering kali mencakup informasi dari profil Google My Business.

Fitur dan Manfaat Google for My Business Profile

Beberapa fitur dan manfaat utama dari profil Google My Business meliputi:

Informasi Bisnis:

Anda dapat memberikan detail yang akurat dan terkini tentang bisnis Anda, termasuk alamat, nomor telepon, situs web, kategori bisnis, dan jam operasional.

Peta dan Petunjuk Arah:

Ketika pengguna mencari bisnis Anda atau kata kunci terkait, lokasi Anda akan ditampilkan di Google Maps beserta petunjuk arah untuk membantu pelanggan menemukan Anda dengan mudah.

Ulasan Pelanggan:

Pelanggan dapat meninggalkan ulasan dan penilaian tentang bisnis Anda, yang dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan bagi calon pelanggan. Menanggapi ulasan juga dapat membantu Anda berinteraksi dengan audiens dan menanggapi masukan atau umpan balik.

Foto dan Video:

Anda dapat memamerkan produk, layanan, dan gedung usaha Anda dengan menambahkan foto dan video ke profil Anda. Ini membantu calon pelanggan memahami lebih baik apa yang ditawarkan bisnis Anda.

Kiriman Google:

Anda dapat membuat dan membagikan pembaruan, penawaran, dan acara melalui Kiriman Google. Kiriman ini muncul bersamaan dengan daftar bisnis Anda dalam hasil pencarian dan dapat membantu menarik perhatian dan meningkatkan interaksi.

Insight dan Analitik:

Google My Business menyediakan data dan analitik tentang bagaimana pengguna menemukan dan berinteraksi dengan profil bisnis. Anda dapat melihat informasi seperti jumlah tampilan, klik, dan panggilan yang dihasilkan oleh profil Anda. 

Secara keseluruhan, Google My Business adalah alat berharga bagi bisnis dari segala ukuran, memungkinkan mereka untuk mengelola dan mengoptimalkan kehadiran online mereka di Google. Ini membantu menarik pelanggan lokal, meningkatkan visibilitas pencarian, dan menyediakan platform untuk berinteraksi dengan komunitas online.

Cara menggunakan Google for my business

Berikut adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk menggunakan Google My Business:

1. Akses Akun Google My Business:

Buka browser web dan masuk ke situs web Google My Business di https://www.google.com/business/.lalu log in menggunakan akun Google yang terkait dengan bisnis Anda.

2. Verifikasi dan Kelola Informasi Bisnis Anda:

  • Setelah masuk, Anda akan melihat dashboard Google My Business. Jika belum diverifikasi, Anda akan melihat langkah-langkah untuk memverifikasi bisnis Anda. 
  • Periksa dan perbarui informasi bisnis Anda, seperti nama bisnis, alamat, nomor telepon, jam operasional, dan situs web. Pastikan informasi ini akurat dan terkini. 
  • Jika bisnis Anda memiliki beberapa lokasi, Anda dapat menambahkan dan mengelola setiap lokasi melalui tab "Lokasi".

3. Unggah Foto dan Video:

  • Unggah foto profil yang representatif dari bisnis Anda, seperti logo atau foto bangunan.
  • Tambahkan foto dan video lainnya yang menggambarkan produk, layanan, dan suasana bisnis Anda. Pastikan foto dan video yang diunggah berkualitas tinggi dan mencerminkan profesionalisme bisnis Anda.

4. Kelola Ulasan Pelanggan:

  • Periksa ulasan yang ditinggalkan oleh pelanggan dan tanggapi dengan baik. Ulasan pelanggan dapat dilihat dan ditanggapi melalui tab "Ulasan". 
  • Berinteraksi dengan ulasan, baik yang positif maupun negatif, dengan sopan dan memperlihatkan perhatian terhadap masukan pelanggan.

5. Buat Kiriman dan Penawaran:

  • Gunakan fitur "Kiriman" di dashboard Google My Business untuk membuat kiriman tentang acara, penawaran, pembaruan, atau konten terkait bisnis Anda. 
  • Pastikan kiriman Anda menarik perhatian dengan judul yang jelas dan deskripsi yang menarik. Sertakan juga gambar menarik untuk mendukung kiriman Anda.

6. Pantau Kinerja dan Gunakan Fitur Analitik:

  • Gunakan fitur "Insight" di dashboard Google My Business untuk melihat data kinerja bisnis Anda. 
  • Lihat statistik tentang jumlah tampilan profil, interaksi pelanggan, panggilan telepon, dan navigasi di Google Maps. 
  • Gunakan wawasan ini untuk memahami cara pengguna menemukan bisnis Anda dan mengoptimalkan strategi pemasaran Anda.

7. Manfaatkan Fitur Tambahan:

  • Jelajahi fitur tambahan yang ditawarkan oleh Google My Business, seperti pesan langsung dengan pelanggan, tanya jawab, acara, dan penawaran khusus. 
  • Gunakan fitur-fitur ini untuk berinteraksi dengan pelanggan secara langsung dan mempromosikan bisnis Anda dengan lebih efektif. 

Pastikan Anda secara teratur memeriksa dan memperbarui profil Google My Business Anda dengan informasi terkini, merespons ulasan dan pertanyaan pelanggan, serta memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia untuk mengoptimalkan kehadiran bisnis Anda secara online.

Cara mengoptimalkan Google my business

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mengoptimalkan Google My Business Profile:

1. Verifikasi dan Lengkapi Informasi Bisnis:

Pastikan profil bisnis Anda telah diverifikasi oleh Google. Verifikasi memastikan bahwa Anda adalah pemilik atau memiliki otoritas untuk mengelola bisnis tersebut. Lengkapi semua informasi yang diminta, seperti alamat bisnis, nomor telepon, jam operasional, deskripsi bisnis, dan situs web. Pastikan informasi tersebut akurat dan terkini.

2. Pilih Kategori Bisnis yang Tepat:

Pilih kategori bisnis yang paling relevan dan spesifik untuk bisnis Anda. Ini akan membantu Google memahami jenis bisnis Anda dan menampilkan profil Anda kepada pengguna yang mencari kategori tersebut.

3. Gunakan Deskripsi Bisnis yang Menarik:

Buat deskripsi bisnis yang informatif dan menarik. Jelaskan dengan jelas apa yang Anda tawarkan, keunggulan bisnis Anda, dan apa yang membedakan Anda dari pesaing.

4. Tambahkan Foto dan Video Berkualitas Tinggi:

Unggah foto dan video yang menarik dan berkualitas tinggi. Sertakan foto profil, foto bisnis, gambar produk, dan gambar lain yang menggambarkan bisnis Anda dengan baik. Pastikan foto dan video mencerminkan profesionalisme dan merepresentasikan bisnis Anda dengan baik.

5. Kelola dan Tanggapi Ulasan Pelanggan:

Periksa ulasan yang ditinggalkan oleh pelanggan dan tanggapi dengan cepat dan sopan. Tanggapan yang baik dapat memperlihatkan perhatian Anda terhadap masukan pelanggan dan meningkatkan kepercayaan.

6. Gunakan Fitur Kiriman (Posts):

Manfaatkan fitur Kiriman untuk membuat pembaruan, penawaran, acara, atau konten khusus lainnya. Gunakan judul yang menarik, deskripsi singkat, dan gambar menarik untuk menarik perhatian pengguna.

7.Pantau dan Analisis Kinerja:

Gunakan fitur Insight (Wawasan) untuk memantau kinerja profil bisnis Anda. Lihat statistik tentang tampilan profil, penelusuran, dan interaksi pengguna. Analisis data ini membantu Anda memahami bagaimana pengguna menemukan dan berinteraksi dengan bisnis Anda, sehingga Anda dapat melakukan penyesuaian dan perbaikan yang diperlukan.

8. Interaksi dengan Pelanggan:

Manfaatkan fitur pesan langsung (Messaging) untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Sediakan dukungan dan tanggapi pertanyaan atau permintaan mereka dengan cepat. Minta Ulasan dari Pelanggan: Aktif mengajak pelanggan untuk meninggalkan ulasan di profil bisnis Anda. Ulasan positif dapat meningkatkan kepercayaan dan menarik lebih banyak pelanggan potensial.

9. Promosikan Melalui Media Sosial dan Situs Web:

Promosikan profil Google My Business Anda melalui media sosial dan situs web Anda. Sertakan tautan ke profil bisnis Anda dan dorong pengunjung untuk meninggalkan ulasan. Dengan mengoptimalkan profil Google My Business Anda, Anda dapat meningkatkan visibilitas online, menarik lebih banyak pelanggan potensial, dan membangun reputasi bisnis yang positif. Pastikan Anda secara teratur memantau, memperbarui, dan berinteraksi dengan profil bisnis Anda untuk memaksimalkan manfaat dari Google My Business.