Panduan Membuat Aplikasi di Google Play Console

Panduan Lengkap Google Play Console untuk App Developer

Seorang pengembang aplikasi,pasti pernah mendengar tentang Google Play Console. Platform ini adalah alat canggih yang dapat membantu Anda mengelola aplikasi, melacak keterlibatan pengguna, dan membuat keputusan berdasarkan data.

Panduan Google Play Console untuk App Developer


Jika web developer mempunyai Google Search Console untuk mengelola situs ,maka App developer mempunyai Google Play Console  untuk memantau kinerja aplikasinya
Play console adalah tempat mendapatkan beberapa data kinerja untuk aplikasi.Google Play console menyediakan seperangkat alat yang lengkap dan andal untuk meluncurkan dan mengelola aplikasi, termasuk aplikasi yang dimonetisasi dengan langganan dalam aplikasi.
Bagaimana Cara memulai dengan Google Play Console? Panduan ini mencakup pembuatan dan pengelolaan aplikasi langganan di Google.Dalam panduan ini, kami akan menguraikan semua yang perlu Anda ketahui untuk menggunakan Google Play Console secara efektif.

Pengantar Google Play Console.

Apa itu Google Play Console ?

Google Play Console yang dulunya adalah  Android Developer Console merupakan portal berbasis web yang memberi developer akses ke berbagai fitur dan layanan untuk mengelola aplikasi Android.tool ini memungkinkan App developer untuk mengelola aplikasi mereka
Google Play Store menyediakan berbagai alat dan fitur yang dapat membantu pengembang meningkatkan kinerja aplikasi mereka, melacak keterlibatan pengguna, dan membuat keputusan berdasarkan data.
Dengan Google Play Console, developer dapat mengakses data penting tentang performa aplikasi mereka, seperti download dan statistik pendapatan, rating dan ulasan pengguna, serta laporan kerusakan. Informasi ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan membuat keputusan berdasarkan data untuk mengoptimalkan performa aplikasi.

Menyiapkan akun dan aplikasi

Cara Membuat Akun Google Play Console

Sebelum dapat mulai menggunakan Google Play Console, Anda harus menyiapkan akun dan menambahkan aplikasi terlebih dahulu.Untuk melakukannya, Anda harus memiliki akun Google dan terdaftar sebagai pengembang di Google Play Store. 

berikut ini adalah beberapa langkah untuk membuat akun Google play console

Langkah 1: Mendaftar untuk Akun Pengembang Google Play Anda

kunjungi situs play.google.com lalu pilih menu buka konsol play lalu lakukan verifikasi.
Panduan Membuat Aplikasi di Google Play Console

Anda harus berusia minimal 18 tahun untuk mendaftar akun Pengembang. Jika tidak, Anda masih dapat membuat aplikasi, tetapi Anda harus menggunakan akun Developer milik orang lain.

Pilih jenis akun,apakah anda ingin membuat akun pribadi atau perseorangan.

Panduan Membuat Aplikasi di Google Play Console

Setelah mendaftar, Anda bisa segera mulai mengelola dan memublikasikan aplikasi baru di Konsol Play.

Langkah 2: Baca dan Terima Perjanjian Distribusi Developer Konsol Google Play

Langkah selanjutnya adalah membaca dan menerima Developer Distribution Agreement (DDA). Perjanjian ini menetapkan syarat dan ketentuan untuk mendistribusikan aplikasi Anda di Google Play. Ini akan memastikan bahwa Anda memahami dan menyetujui aturan seputar memublikasikan aplikasi di Google Play.

Langkah 3: Bayar Biaya Pendaftaran $25

Setelah membaca dan menerima DDA, Anda harus membayar biaya pendaftaran satu kali sebesar $25. Anda dapat melakukannya dengan kartu kredit atau debit, atau dengan akun PayPal. Setelah Anda membayar biayanya, Anda siap untuk mulai membuat akun dan memublikasikan aplikasi Anda!

Langkah 4: Selesaikan Penyiapan Akun Konsol Google Play Anda

Dengan biaya yang dibayarkan, Anda dapat masuk dan menyelesaikan pengaturan akun Anda. Anda harus memberikan beberapa informasi dasar tentang diri Anda dan perusahaan Anda, serta menyetujui Kebijakan Program Pengembang. 

Perhatikan bahwa Anda harus memberikan ID resmi dan kartu kredit dengan nama resmi Anda. Ini untuk mencegah penipuan dan penyalahgunaan di Google Play Store. 

 Setelah selesai menyiapkan akun, Anda siap untuk mulai menggunakan Google Play Console!

Cara Membuat Aplikasi Google Play Console

Langkah 1: Buat Aplikasi Anda di Google Play Console
Setelah proses pembuatan akun selesai,langkah selanjutnya adalah membuat aplikasi Anda di Google Play Console dan memublikasikannya di playstore. Untuk melakukannya, buka Konsol Developer Google Play dan klik opsi untuk memilih 'Semua aplikasi'. 

Ini akan membuka menu baru, di mana Anda dapat memilih "Buat Aplikasi". Untuk mulai membangun aplikasi baru Anda, 

isi detail spesifik di halaman baru. Rincian ini diperlukan, jadi pastikan Anda menyiapkan informasi itu. Setelah Anda puas, klik "Buat Aplikasi" untuk melanjutkan.
Langkah 2: Siapkan Aplikasi Google Play Baru Anda
Setelah Anda membuat aplikasi baru, saatnya untuk mulai menyiapkannya di Konsol. Di sinilah Anda akan mengelola semua aspek aplikasi Anda, mulai dari mengunggahnya ke toko hingga mengelola konten dan pengaturannya. Secara keseluruhan, 

ada sembilan pengaturan berbeda yang perlu dikuasai oleh web developer yaitu:
  • Akses Aplikasi 
Saat membuat aplikasi, Anda perlu menentukan apakah ada persyaratan autentikasi. Jika ya,maka berikan detail dan proses tersebut

  • Peringkat Konten Aplikasi 
Setiap aplikasi membutuhkan peringkat untuk pengguna. Untungnya, prosesnya menyertakan kuesioner Rating Konten Aplikasi yang cepat. Ini akan membantu Anda memahami kelompok usia yang cocok untuk aplikasi Anda, serta konten apa pun yang mungkin tidak pantas. 

  • Audiens Target dan Konten Target 

Menentukan audiens target adalah langkah penting dalam memasarkan aplikasi Anda. Mengetahui untuk siapa Anda membuat aplikasi akan membantu Anda mendesainnya khusus untuk mereka dan memasarkannya di tempat yang tepat. Saat Anda menetapkan audiens target dan setelan konten aplikasi, Anda dapat memastikan bahwa aplikasi Anda menjangkau pengguna yang tepat di toko.

  • Pertanyaan aplikasi berita 

Apakah aplikasi Anda adalah aplikasi berita? Bagaimanapun, Anda harus menjawab pertanyaan di sini untuk memastikan bahwa aplikasi Anda beroperasi sesuai dengan kebijakan Google Play News.

  • Pilih Kategori Aplikasi 

Setiap aplikasi akan memiliki kategori yang sesuai dimana pengguna dapat mencari dan menemukannya. Untuk memastikan aplikasi baru Anda berada dalam kategori yang tepat, pilih dari halaman ini. Anda juga harus menawarkan informasi kontak Anda untuk disertakan dengan cantuman.

  • Buat Cantuman Toko  

Setiap aplikasi hebat memerlukan cantuman di dalam toko – dengan cara ini, pengguna dapat menemukan dan mempelajari tentang aplikasi Anda sebelum mengunduhnya. Di bagian ini, lengkapi formulir untuk menulis deskripsi aplikasi Anda di dalam toko. Berkreasilah, karena strategi pemasaran sangat diperlukan dalam langkah ini!.Di bagian ini, Anda juga akan diminta untuk memberikan ikon yang akan muncul untuk aplikasi tersebut, serta tangkapan layar aplikasi apa pun yang akan ditempatkan di dalam daftar.

  • Hubungkan Akun Pedagang untuk Berlangganan 

Ciri khas aplikasi berlangganan adalah pemrosesan pembayaran. Untuk memastikan bahwa Anda dapat menerima pembayaran untuk aplikasi Anda, siapkan profil pembayaran. Tetapkan Harga Aplikasi Setelah Anda dapat menerima pembayaran untuk aplikasi , Anda harus menetapkan harga. Apakah Anda memiliki pembelian satu kali atau biaya berlangganan, Anda bisa mengatur parameter tersebut di layar berikutnya. 
Langkah 3: Buat Langganan Google Play dan Pembelian Dalam Aplikasi 
Salah satu cara terbaik untuk membangun pendapatan adalah dengan pembelian dalam aplikasi. Pembayaran satu kali atau berulang ini terjadi selama penggunaan aplikasi daripada saat mengunduh dan membutuhkan lebih banyak pekerjaan untuk menyiapkan dengan benar. 
  • Pertama, Anda ingin memilih aplikasi Anda dari tab "Semua Aplikasi" di Konsol Pengembang Google Play. Di dalam daftar, pilih aplikasi yang akan Anda gunakan untuk melakukan pembelian dalam aplikasi. 
  •  Setelah Anda memilih aplikasi Anda, pilih "Produk" dari daftar opsi. Di bagian ini, Anda dapat memilih dua opsi – Produk dalam aplikasi atau Langganan.

Membuat Produk Dalam Aplikasi Google Play Console

Pertama, mari kita lihat cara membuat produk dalam aplikasi untuk aplikasi Anda. 
Pilih tab "Produk Dalam Aplikasi" dan pilih "Buat". Anda akan diminta untuk memberikan ID Produk, Nama, dan Deskripsi produk untuk membuat produk. Pastikan Anda memilih ID yang benar! Anda tidak akan dapat mengubahnya setelah dibuat. Setelah dipilih, pilih harga yang akan Anda bebankan dan pilih "Terapkan Perubahan". Ketika sebuah produk baru telah dibuat, Namun masih berstatus "Tidak Aktif". Anda harus mengeklik "Aktifkan" untuk mengaktifkan produk untuk aplikasi Anda.

Membuat Langganan Google Play di Google Play Console

Sekarang mari kita lihat opsi kedua – membuat langganan untuk aplikasi Anda. Mirip dengan membuat produk dalam aplikasi,silahkan klik tombol "Buat" dari tab "Langganan". Masukkan ID dan Nama Produk untuk langganan baru Anda. Ingatlah bahwa Anda tidak akan dapat mengubahnya setelah disetel! 

Setelah langganan dibuat, Anda harus mengonfigurasi pengaturan agar dapat ditayangkan. Ada empat pengaturan utama yang perlu Anda atur, 
  • Dua di antaranya merupakan pengaturan opsional. 
  • Dua langkah berikutnya memungkinkan Anda membuat paket dasar dan penawaran tambahan apa pun untuk langganan Anda. Ini akan mencakup informasi dasar untuk langganan baru Anda – termasuk informasi pembaruan, harga dasar, informasi uji coba, dll. 
 masukkan pengenal untuk paket dasar baru Anda, dan konfigurasikan periode perpanjangan/percobaan. Ada opsi lain untuk tag yang berinteraksi dengan API langganan aplikasi. Ini tidak diperlukan untuk meluncurkan paket dasar.

Terakhir, Anda ingin menetapkan harga langganan baru Anda. Pilih "Harga" dan klik tombol "Tetapkan Harga". Anda harus memilih wilayah di dunia tempat langganan tersedia dan harga yang akan Anda kenakan. Di bagian ini, masukkan harga langganan dan pilih "Perbarui" untuk menyimpan perubahan Anda. 

Paket dasar akan dimulai dalam status draf. Pilih "Aktifkan" untuk membuatnya tersedia bagi pengguna di dalam aplikasi. Setelah ini selesai, paket dasar langganan baru Anda siap dipilih oleh pengguna! Anda sekarang dapat menggunakan langganan di dalam aplikasi. Anda juga akan memiliki kesempatan untuk membuat diskon, periode uji coba, dan penawaran untuk paket dasar setelah dibuat.

Untuk membuat penawaran, pilih paket dasar yang sesuai dan klik "Tambah Penawaran". Anda harus menentukan pengenal penawaran unik serta kriteria kelayakan yang sesuai untuk penawaran tersebut. Opsi ini dapat mencakup contoh seperti: 
  • pengguna yang tidak pernah membeli langganan 
  • pengguna yang belum memutakhirkan dari langganan lain setiap penawaran unik yang ditentukan pengembang 
Anda juga dapat memilih tag untuk penawaran dengan cara yang sama seperti paket dasar. Buat fase dengan memilih "Tambahkan Fase" di bagian ini. Dalam bagian ini, Anda akan diminta untuk memilih jenis dan durasi fase yang unik. Anda juga dapat memilih untuk menyesuaikan jenis dan harga diskon. Lihat contoh di bawah untuk melihat bagaimana harga diskon 10% diterapkan selama satu minggu: 

Setelah siap, pilih "Terapkan" untuk menyimpan pengaturan fase. Seperti produk lainnya, fase akan ditetapkan sebagai draf hingga Anda "Mengaktifkannya"

Setelah semua langkah ini selesai, Anda sekarang siap menggunakan langganan aplikasi baru Anda! Jika ada opsi, pastikan untuk menyetel tag yang kompatibel mundur untuk penawaran dan paket dasar Anda. 

Langkah 4: Publikasikan Aplikasi Anda dengan Google Play Console  
Sekarang Anda harus memublikasikan aplikasi Anda di dalam Google Play Console . Pilih saluran dalam produksi, alfa, atau beta untuk aplikasi Anda, lalu kirimkan. Akan ada periode peninjauan sebelum aplikasi Anda ditayangkan, dan fitur berbayar tidak akan tersedia.
Langkah 5: Buat Lingkungan Pengujian di Konsol Google Play
Sangat penting untuk membuat lingkungan pengujian untuk aplikasi Anda yang memungkinkan Anda mengatasi bug apa pun dengan aplikasi itu sendiri. Anda dapat mengonfigurasi pengujian lisensi untuk akun pengembang Anda di dalam konsol. Anda kemudian dapat mengirimkan daftar akun yang dapat menguji aplikasi Anda, termasuk pembelian dalam aplikasi. Sambil menunggu aplikasi ditinjau, Anda dapat menambahkan Library Penagihan Android Google Play ke aplikasi Anda. Untuk mempelajari cara melakukannya, klik di sini.

Cara Mengelola Aplikasi Berlangganan Menggunakan Konsol Google Play

Dengan peluncuran aplikasi baru Anda di Konsol Google Play, Anda akan memiliki dunia fitur baru yang dapat Anda gunakan untuk memantau kinerjanya. Mari telusuri berbagai elemen yang ingin Anda gunakan untuk memastikan aplikasi Anda berhasil!
Gunakan Dasbor Konsol Google Play Utama
Saat Anda masuk ke akun Konsol Google Play, Anda sebaiknya memeriksa statistik utama aplikasi baru Anda. Cukup masuk, pilih aplikasi spesifik Anda dari dalam daftar konsol, dan Anda akan dibawa ke dasbor aplikasi Anda. 

Di dalam dasbor, Anda akan melihat ikhtisar tentang berbagai statistik, pesan, dan opsi untuk menghubungi untuk detail lebih lanjut. Dasbor aplikasi Konsol Google Play meninjau performa, kesehatan, dan stabilitas teknis aplikasi Anda. Di dalam dasbor konsol, Anda dapat melihat: 
  • KPI seperti perolehan pengguna baru, pendapatan, pengguna yang hilang, aplikasi mogok, dan peringkat harian 
  • Performa cantuman toko termasuk sumber lalu lintas, rasio konversi, negara teratas 
  • Data vital Android 
  • Ikhtisar peringkat dan ulasan Layanan pra-peluncuran 
  • Ukuran aplikasi 
  • Elemen lain yang relevan dengan aplikasi Anda 
Tinjauan tingkat tinggi ini sangat bagus untuk melihat perubahan dari waktu ke waktu di berbagai area. Namun, jika Anda menginginkan wawasan yang lebih luas tentang kinerja aplikasi Anda, Anda sebaiknya memeriksa tab "Statistik".
Lacak statistik aplikasi di Konsol Google Play
Tab Statistik melihat lebih dalam kinerja aplikasi menggunakan titik data dan filter yang berbeda. Anda dapat mengekspor laporan dalam layar, menampilkan hingga dua titik data, dan membandingkan kinerja dengan periode sebelumnya.
Tab Statistik di Konsol Google Play.
Anda dapat menggunakan kategori/filter berikut untuk tampilan grafis: 
  • Pengguna – pemirsa terpasang, akuisisi pengguna, dan kehilangan pengguna 
  • Perangkat – basis penginstalan, akuisisi perangkat, kehilangan perangkat, pembaruan perangkat, kehilangan perangkat setelah pembaruan, peristiwa penginstalan, dan peristiwa penginstalan.
  • Keterlibatan – pengguna aktif harian (DAU), pengguna aktif bulanan (MAU), dan pengguna yang kembali setiap bulan 
  • Peringkat – peringkat rata-rata dan peringkat Google Play 
  • Kualitas – mogok, ANR, ukuran unduhan aplikasi, ukuran aplikasi di perangkat 
  • Monetisasi – pembeli harian dan bulanan, pembelian per hari dan bulan, pendapatan kotor harian dan bulanan 
  • Prapendaftaran – pengguna dan konversi prapendaftaran 
  • Performa cantuman toko – akuisisi dan pengunjung 
Memilih kategori "Pengguna", "Perangkat", atau "Kinerja cantuman toko" memungkinkan Anda menyegmentasikan data unik untuk "semua pengguna baru dan kembali". Pilih segmen, dan Anda kemudian dapat menghubungi berbagai lapisan lainnya, seperti: Negara atau wilayah Versi Android Perangkat Tipe perangkat Bahasa Versi aplikasi Pembawa Tab "Statistik" akan memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana kinerja aplikasi Anda dalam kategorinya dan di antara para pesaing .sebuah langkah penting dalam meningkatkan kesuksesan aplikasi Anda secara keseluruhan. Di dalam dasbor statistik, Anda dapat memasukkan berbagai kategori. 

Di dalam peer group, Anda dapat menggunakan kategori berikut untuk perbandingan: 
  • Tingkat akuisisi cantuman toko: semua pengguna, pengguna baru, dan pengguna kembali
  • Pemirsa: tingkat pertumbuhan atau perubahan kehilangan pengguna 
  • Interaksi: DAU/MAU, pengguna yang kembali, tingkat pertumbuhan DAU, tingkat pertumbuhan MAU 
  • Monetisasi: pendapatan per pengguna, pembelian per pengguna, rasio pembeli, dan pendapatan per pembelian

Kelola rilis Google Play Console

Bagian penting lainnya untuk diperiksa adalah bagian "Rilis". Elemen ini berisi detail yang relevan dengan developer aplikasi dan penting untuk mengembangkan dan menskalakan aplikasi Anda. 

Pada bagian ini, Anda akan menemukan enam subbagian: 
  • Ikhtisar rilis: ikhtisar umum dari semua poin data utama di bagian ini. 
  • Tab produksi: menampilkan dasbor rilis, rilis, negara, dan wilayah tempat aplikasi Anda saat ini tersedia. 
  • Tab pengujian: menampilkan berbagai jenis pengujian (pengujian terbuka, internal, dan tertutup), prapendaftaran, dan laporan prapeluncuran. 
  • Ikhtisar jangkauan dan perangkat: untuk melihat pertumbuhan dan jangkauan di berbagai audiens dan perangkat. 
  • Penjelajah bundel aplikasi: untuk mengelola semua aset aplikasi di satu tempat. 
  • Tab penyiapan: untuk memeriksa integritas aplikasi, berbagi aplikasi internal, dan setelan lanjutan. 
Bagian yang berbeda ini bagus untuk memantau kinerja aplikasi Anda saat digunakan oleh pengguna baru dan saat ini. Namun, ada bagian penting lain yang memungkinkan Anda membuka potensi aplikasi Anda – bagian “Tumbuhkan”.

Promosikan aplikasi langganan

Bagian "Tumbuhkan" memberi Anda akses ke dua subbagian berbeda – Kehadiran Toko dan Kinerja Toko. Jika Anda mengelola aplikasi game, Anda juga akan melihat subbagian ketiga, Layanan Play Game, tetapi kami tidak akan fokus pada bagian ini dalam panduan ini.

Mari jelajahi opsi signifikan pertama, tab "Store Presence":

Bagian ini memungkinkan Anda memantau dan memengaruhi kinerja toko aplikasi Anda. Di dalam bagian ini Anda akan menemukan menemukan subbagian: Daftar toko utama Listingan toko kustom Eksperimen cantuman toko Pengaturan toko Layanan terjemahan Daftar Toko Utama “Listingan toko utama” adalah salah satu elemen terpenting di Konsol Google Play untuk pemasar aplikasi. Semua yang dilihat pengguna aplikasi Anda di Play Store dapat diedit di listingan Play Store Utama, mulai dari metadata hingga aset materi iklan. 

Secara khusus, kolom yang dapat Anda edit di listingan Play Store utama meliputi: 
  • Nama aplikasi – maksimum 30 karakter yang dapat Anda gunakan untuk itu 
  • Deskripsi singkat – maksimal 80 karakter 
  • Deskripsi lengkap – maksimal 4.000 karakter Anda juga dapat mengunggah aset app store Anda di sini: 
  • Ikon aplikasi Grafik fitur Video (tidak wajib) Tangkapan layar ponsel Tangkapan layar tablet
  • Cantuman Toko Kustom Listingan toko kustom memungkinkan Anda membuat halaman yang disesuaikan untuk berbagai negara, termasuk kampanye prapendaftaran. 
Saat ini, pengguna dapat menggunakan total lima listingan toko kustom secara bersamaan.

Cara melacak Kinerja Aplikasi Google Play Store

Kembali ke atas, mari kita lihat Kinerja Toko. Bagian ini berisi dua subbagian: Analisis Toko dan Analisis Konversi. Ini memungkinkan pemasar dan pengembang aplikasi untuk secara teratur memeriksa data yang relevan di toko, pengunjung daftar, dan akuisisi, serta melihat tingkat konversi di berbagai dimensi.

Analisa Toko

Ada banyak perincian data yang bermanfaat di bagian Analisis toko: 
  • Akuisisi cantuman toko berdasarkan sumber lalu lintas (penelusuran Google Play, 
  • penjelajahan Google Play, dan rujukan pihak ketiga) dan perbandingan dengan periode sebelumnya yang Anda pilih. 
  • Performa cantuman toko, yang mencakup pengunjung cantuman toko, akuisisi cantuman toko, dan rasio konversi cantuman toko. 
  • Data akuisisi cantuman toko dalam tabel terpisah dengan perincian per negara, bahasa, istilah penelusuran, status penginstalan aplikasi, sumber dan kampanye UTM, dan jenis cantuman toko yang dikunjungi pengguna. 
Tab Analisis toko memberi Anda ikhtisar tingkat tinggi tentang kategori paling penting dan kinerjanya, tetapi untuk menggali lebih dalam setiap kategori, Anda perlu memeriksa Analisis konversi.

Analisis Konversi

Itu bagian analisis konversi memungkinkan Anda mengonfigurasi laporan agar lebih sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda. Secara keseluruhan ada delapan filter utama yang dapat Anda gunakan, filter yang sama dapat Anda lihat di bawah analisis Toko: Status penginstalan aplikasi Negara/wilayah Bahasa Istilah pencarian Daftar toko Sumber lalu lintas kampanye UTM sumber UTM

Monetisasi Langganan Google Play

Bagian monetisasi adalah tempat Anda dapat menggali lebih dalam semua hal yang berkaitan dengan aspek keuangan aplikasi Anda. Ada tiga laporan utama di bawah laporan Monetisasi – Produk, kode Promo, dan laporan Keuangan. 
  1. Tab Produk terdiri dari tiga subtab: Harga aplikasi adalah tempat Anda menetapkan harga jika aplikasi Anda tidak termasuk dalam kategori "Gratis" di Google Play Store. Produk dalam aplikasi – Anda dapat membuat produk untuk dijual di aplikasi Anda dengan jumlah uang tertentu, seperti konten premium, manfaat tambahan, dan pembelian dalam aplikasi lainnya. Langganan – opsi ini tersedia jika Anda menjual konten atau layanan secara berulang atau prabayar. Contohnya adalah aplikasi berita dengan konten terjaga keamanannya yang harus Anda bayar setiap bulan untuk mengaksesnya. 
  2. Tab Kode Promo Google Play cukup mudah – jika aplikasi Anda mendukung pembelian dalam aplikasi, Anda dapat memberikan kode promo kepada pelanggan untuk memotivasi mereka agar menggunakan salah satu penawaran Anda. Di dalam tab Kode promo, Anda dapat mengelola segala hal seputar promosi. 
  3. Tab Laporan keuangan memungkinkan Anda mendapatkan perspektif keuangan model bisnis Anda dan memeriksa seberapa sukses Anda dalam strategi monetisasi. Di sini Anda dapat melihat: Pendapatan total, pendapatan per pengguna, dan jumlah pembeli Panduan strategis, tempat Anda mencoba memahami hubungan antara metrik monetisasi produk dalam aplikasi dan mengidentifikasi peluang baru Langganan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan retensi dan pembatalan 
Pelajari lebih dalam tentang pendapatan dan pembeli Tingkat konversi pembeli Anda menurut kelompok Jika aplikasi Anda sebagian besar dimonetisasi melalui pembelian dalam aplikasi, produk, atau layanan, laporan monetisasi harus menjadi bagian dari rutinitas pelaporan mingguan Anda. Banyak pemasar aplikasi akan mengintegrasikan Google Play console dengan alat eksternal lainnya untuk memantau keberhasilan monetisasi, tetapi memeriksa data langsung dari Google selalu merupakan hal yang baik. 

Kesimpulan

​​Kami harap panduan ini membantu Anda membuat aplikasi Langganan Google Play di Konsol Google Play dengan lancar. ​​Qonversion menyediakan infrastruktur lengkap untuk pembelian dalam aplikasi dan memungkinkan Anda membuat dan memulihkan pembelian, memvalidasi tanda terima, dan memberikan aplikasi Anda status berlangganan yang akurat tanpa perlu membangun server Anda sendiri. Dibutuhkan 20 menit untuk mengimplementasikan SDK. Qonversion juga merupakan alat yang ampuh untuk pemasaran—Anda dapat mengirimkan data pada semua acara langganan Anda ke layanan pihak ketiga seperti Firebase, Appsflyer, Sesuaikan, Amplitudo, dan lainnya. Baca artikel ini jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut cara mempromosikan aplikasi langganan Anda dengan Integrasi Firebase.

Memahami metrik kinerja aplikasi.

Salah satu fitur terpenting Google Play Console adalah kemampuan untuk melacak dan menganalisis metrik kinerja aplikasi Anda. Ini termasuk data tentang penginstalan, uninstal, rating, ulasan, dan pendapatan. Dengan memantau metrik ini, Anda dapat mengidentifikasi area di mana aplikasi Anda berperforma baik dan area yang perlu ditingkatkan. Anda juga dapat menggunakan data ini untuk membuat keputusan yang tepat tentang pembaruan, strategi pemasaran, dan aspek lain dari pengembangan aplikasi Anda. Google Play Console menyediakan berbagai fitur dan laporan untuk membantu Anda melacak dan menganalisis metrik performa aplikasi, jadi pastikan untuk memanfaatkannya.

Mengelola rilis dan pembaruan aplikasi.

Google Play Console mempermudah pengelolaan rilis dan pembaruan aplikasi. Anda dapat membuat dan mengelola beberapa jalur rilis, seperti alfa, beta, dan produksi, untuk menguji dan menerapkan fitur dan pembaruan baru. Anda juga dapat menyiapkan peluncuran bertahap untuk merilis update secara bertahap ke sebagian pengguna, memungkinkan Anda memantau dan mengatasi masalah apa pun sebelum merilisnya ke semua pengguna. Selain itu, Anda dapat menggunakan dasbor rilis untuk melacak status rilis Anda dan melihat umpan balik dari pengguna. Secara keseluruhan,Google Play Console menyediakan seperangkat alat lengkap untuk membantu Anda mengelola rilis dan pembaruan aplikasi secara efektif.

Memanfaatkan umpan balik dan ulasan pengguna.

Salah satu fitur paling berharga dari Google Play Console adalah kemampuan untuk melihat dan menanggapi umpan balik dan ulasan pengguna. Ini memungkinkan Anda untuk memahami apa yang disukai dan tidak disukai pengguna tentang aplikasi Anda, serta mengidentifikasi bug atau masalah apa pun yang perlu ditangani. Anda juga dapat menggunakan umpan balik ini untuk menginformasikan pembaruan dan peningkatan aplikasi Anda di masa mendatang. Pastikan untuk memeriksa dan menanggapi umpan balik pengguna secara rutin untuk menunjukkan bahwa Anda menghargai masukan mereka dan berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman mereka dengan aplikasi Anda.