Cara Membuat Formulir menggunakan Google Form

Skala Linier Google Form

Jika Anda ingin membuat Formulir yang interaktif dan responsif,Google forms maker mungkin bisa menjadi sebuah jawaban.skala linier Google Forms atau google formulir adalah sebuah platform gratis yang disediakan oleh google untuk membuat beragam jenis formulir seperti form pendaftaran,form Absensi,form quiz,form soal dan lain sebagainya. 
Dengan menggunakan fitur-fitur khusus dari Google Form, Anda dapat membuat survei, kuesioner, atau formulir pendaftaran dengan mudah dan efisien.
Dari penelitian pelanggan hingga pendaftaran acara, Google Forms memiliki fitur yang dapat disesuaikan untuk berbagai kebutuhan. Mari kita lihat beberapa cara untuk menggunakannya dengan sangat mudah dan efektif

Bagaimana Cara Membuat Google Form. 

Membuat Google Form sangatlah mudah. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat Google Form: 

1.Login Google Forms

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat google formulir adalah dengan login ke platform Google forms.untuk cara masuk ke forms google,silahkan simak caranya berikut ini:
  • Buka peramban web atau Browser Seperti Google Chrome lalu kunjungi halaman Google Form di alamat https://docs.google.com/forms. 
  • Klik tombol "Login" di kanan atas halaman lalu masukkan kredensial akun Google 

2.Create Google forms

Setelah berhasil login ke google forms,langkah selanjutnya adalah membuat Form Baru.Silahkan klik tombol "Buat" yang berbentuk tanda tambah (+) di sudut kanan bawah halaman untuk membuat form baru. 
Cara Membuat Google Form

3.Tentukan Judul dan Pertanyaan

Setelah halaman baru terbuka,langkah selanjutnya adalah menentukan judul dan pertanyaan yang diinginkan. Kamu dapat memberikan judul untuk formulir di bagian atas. Selanjutnya, tambahkan pertanyaan pertama dengan mengklik area teks "Pertanyaan" di tengah halaman dan menuliskan pertanyaan sesuai yang diinginkan. 
Cara Membuat Google Form

Pilih Jenis Pertanyaan

Setelah menambahkan pertanyaan, pilih jenis pertanyaan yang ingin  digunakan. Google Form menyediakan berbagai pilihan, seperti pilihan ganda, isian singkat, skala linier, tautan, dan lain-lain. Pilih jenis pertanyaan yang sesuai dengan kebutuhan 
Cara Membuat Google Form

 

Sesuaikan Opsi Pertanyaan

Sesuaikan opsi pertanyaan sesuai keinginan. Misalnya, jika Anda menggunakan pertanyaan pilihan ganda, tambahkan opsi jawaban dengan mengklik tombol "+" di samping pertanyaan. Anda juga dapat menambahkan deskripsi, memerlukan jawaban wajib, dan mengatur tampilan lainnya. 

Tambahkan Pertanyaan Lain

Untuk menambahkan pertanyaan lain, klik tombol "+ Tambahkan Pertanyaan" di bawah pertanyaan yang ada. Ulangi langkah 4-6 untuk setiap pertanyaan yang ingin Anda tambahkan. 

Sesuaikan Pengaturan Form

Di sudut kanan atas halaman, klik ikon gigi pengaturan untuk mengakses pengaturan formulir. Di sini, Anda dapat mengatur hal-hal seperti pengaturan privasi, mengumpulkan alamat email responden, batasan jawaban, tema, dan lainnya. Sesuaikan pengaturan sesuai dengan kebutuhan. 
  • Atur Tema dan Desain: Jika ingin mengubah tampilan dan desain formulir, klik ikon palet cat di atas halaman untuk memilih tema dan gaya yang berbeda. 
  • Bagikan Formulir: Setelah formulir Anda siap, klik tombol "Bagikan" di sudut kanan atas halaman. Anda akan melihat beberapa opsi untuk membagikan formulir, seperti mengirimkan tautan melalui email, menyematkan ke situs web, membagikan ke media sosial, atau membuat kode QR. 
    Google Forms Login

  • Kumpulkan dan Analisis Jawaban

    Setelah formulir mulai dikirimkan, Anda dapat melihat dan menganalisis jawaban melalui lembar Google Sheets yang otomatis dibuat oleh Google Form.
    Itulah langkah-langkah umum untuk membuat Google Form. Anda dapat menyesuaikan formulir sesuai dengan kebutuhan Anda dengan mengeksplorasi opsi dan pengaturan yang tersedia.

    Panduan Praktis Membuat Google Form yang Interaktif dan Responsif

    Mulai dengan memilih template yang sesuai.

    Langkah pertama dalam membuat Google Form yang interaktif dan responsif adalah memilih template yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Google Form menyediakan berbagai template yang dapat Anda pilih, mulai dari survei umum hingga formulir pendaftaran acara. Pilihlah template yang paling sesuai dengan tujuan Anda agar Anda dapat menghemat waktu dalam mengatur tata letak dan desain formulir. Setelah memilih template, Anda dapat mulai menyesuaikan formulir sesuai dengan kebutuhan Anda.

    Sesuaikan tema dan warna formulir sesuai dengan kebutuhan Anda.

    Setelah memilih template yang sesuai, langkah selanjutnya adalah menyesuaikan tema dan warna formulir sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat mengubah warna latar belakang, warna teks, dan gaya font untuk menciptakan tampilan yang menarik dan sesuai dengan branding Anda. 

    Pastikan untuk memilih warna yang kontras agar teks mudah terbaca oleh responden. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan gambar atau logo perusahaan Anda untuk memberikan sentuhan personal pada formulir. Dengan menyesuaikan tema dan warna formulir, Anda dapat menciptakan pengalaman yang menyenangkan dan profesional bagi responden.

    Tambahkan pertanyaan dengan berbagai jenis jawaban, seperti pilihan ganda, isian singkat, atau tautan.

    Setelah Anda menyesuaikan tema dan warna formulir, langkah selanjutnya adalah menambahkan pertanyaan dengan berbagai jenis jawaban. Google Form menyediakan beberapa opsi seperti pilihan ganda, isian singkat, tautan, dan banyak lagi. Pilihan ini memungkinkan Anda untuk mengumpulkan informasi dengan cara yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Misalnya, jika Anda ingin mengumpulkan pendapat responden tentang suatu topik, Anda dapat menggunakan pertanyaan pilihan ganda. Jika Anda ingin mendapatkan tanggapan singkat atau pendapat singkat, Anda dapat menggunakan pertanyaan isian singkat. Jika Anda ingin mengumpulkan tautan atau URL yang relevan, Anda dapat menggunakan pertanyaan tautan.
    Dengan menambahkan pertanyaan dengan berbagai jenis jawaban, Anda dapat mengumpulkan informasi yang lebih kaya dan mendapatkan wawasan yang lebih dalam dari responden Anda. Pastikan untuk merencanakan pertanyaan dengan hati-hati dan memilih jenis jawaban yang paling sesuai dengan tujuan Anda dalam membuat formulir yang interaktif dan responsif.

    Gunakan logika percabangan untuk mengarahkan responden ke pertanyaan berikutnya berdasarkan jawaban sebelumnya.

    Salah satu fitur yang berguna dalam Google Form adalah logika percabangan. Dengan menggunakan logika percabangan, Anda dapat mengarahkan responden ke pertanyaan berikutnya berdasarkan jawaban sebelumnya. 

    Misalnya, jika responden memilih jawaban A pada pertanyaan pertama, Anda dapat mengarahkannya ke pertanyaan kedua yang relevan dengan jawaban A tersebut. Jika responden memilih jawaban B, Anda dapat mengarahkannya ke pertanyaan yang berbeda. 

    Fitur ini sangat berguna untuk mengumpulkan informasi yang lebih spesifik dan relevan dari responden. Anda dapat menghindari pertanyaan yang tidak relevan atau tidak perlu bagi responden yang telah memberikan jawaban tertentu sebelumnya. Dengan menggunakan logika percabangan, Anda dapat membuat formulir yang lebih interaktif dan responsif, meningkatkan pengalaman pengguna dan kualitas data yang Anda kumpulkan.

    Tambahkan gambar atau video untuk membuat formulir lebih menarik.

    Salah satu cara untuk membuat Google Form yang lebih menarik adalah dengan menambahkan gambar atau video. Anda dapat menggunakan gambar atau video yang relevan dengan pertanyaan atau topik yang sedang Anda bahas dalam formulir. Hal ini akan membantu menarik perhatian responden dan membuat mereka lebih tertarik untuk mengisi formulir Anda. Selain itu, gambar atau video juga dapat membantu menjelaskan pertanyaan atau instruksi dengan lebih jelas. Pastikan untuk memilih gambar atau video yang berkualitas dan sesuai dengan konten formulir